Pada Materi kali ini Kita akan membahas tentang Pemasaran: Membangun Hubungan Pelanggan
Apa sih yang dimaksud dengan pemasaran?
Pemasaran yaitu proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan
harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi
pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional.
Evolusi di bidang pemasaran ada 4 era, yaitu:
- produksi, pada era ini tujuan bisnis berpusat pada produksi karena saat itu sebagian besar barang dibeli segera setelah tersedia
- penjualan, di era ini sebagian besar perusahaan
menekankan penjualan dan periklanan dalam upaya membujuk konsumen untuk
membeli produk yang sudah ada dan sangat sedikit perusahaan yang
memberikan pelayanan setelah penjualan
- konsep pemasaran, dalam kosep pemasaran ini terdapat
filosofi bisnis yang terdiri atas tiga bagian, yaitu orientasi
pelanggan, orientasi jasa, dan orientasi laba
- hubungan pelanggan, manajer mempelajari sebanyak mungkin
tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang dapat memuaskan
pelanggan melalui barang dan jasa yang mereka tawarkan.
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan
perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target
pasarnya.
Faktor-faktor bauran pemasaran ada 4, yaitu :
1. Produk (product)
2. Harga (price)
3. Tempat (place)
4. Promosi (promition)
Atau biasa disebut 4P untuk mudah mengingatnya sebagai dasar pemasaran.
*Nama merek adalah kata, huruf, atau kelompok kata atau huruf yang membedakan barang dan jasa satu penjual dengan penjual yang lain.
* Setelah ada keputusan apa yang akan produsen produksi maka produsen akan menentukan harga jual
yang sesuai dengan biaya produksi yang telah mereka keluarkan dengan
tetap memperhatikan kualitas dari barang ataupun jasa itu sendiri.
* Promosi merupakan hal yang tidak kalah penting dalam pemasaran. Sesuai dengan pengertiannya itu sendiri yang menyatakan bahwa promosi
adalah teknik yang dilakukan penjual untuk memberi tahu orang-orang
tentang produk mereka dan memotivasi mereka untuk membeli barang atau
jasa mereka.
* Setiap langkah dalam proses pemasaran bergantung pada informasi
yang digunakan untuk membuat keputusan yang tepat. Salah satu caranya
yaitu melalui penelitian pasar.
Proses penelitian pasar ada 4 langkah, yaitu:
1. Mendefinisikan pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini
2. Mengumpulkan data
3. Menganalisis data penelitian
4. Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya.
Dalam lingkungan pemasaran terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pasar, yaitu:
Faktor global, faktor teknologi, faktor sosiokultural, faktor kompetitif, dan faktor ekonomi.
Dalam bisnis terdapat dua pasar utama, yaitu pasar konsumen dan pasar B2B.
1. Pasar Konsumen
Semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi.
2. Pasar Bisnis ke Bisnis
Semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa
untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau umtuk
penjualan, penyewaan, atau pemasokan barang kepada orang lain.
Segmentasi pasar
Segmentasi pasar merupakan proses total pembagian pasar
menjadi beberapa kelompok, yang setiap anggotanya memiliki karakteristik
yang sama. Dalam segmentasi pasar ini juga ada yang namanya pemasaran targe. Dalam segmentasi terdapat lima macam segmentasi, yaitu:
- Segmentasi Geografis
- Segmentasi Demografis
- Segmentasi Psikologis
- Segmentasi Manfaat, dan
- Segmentasi Volume
Tidak ada komentar:
Posting Komentar