Minggu, 02 Desember 2012

MATERI 9 (Bagian 1) : Pemasaran : Membangun Hubungan Pelanggan

Pada Materi kali ini Kita akan membahas tentang Pemasaran: Membangun Hubungan Pelanggan

Apa sih yang dimaksud dengan pemasaran? 
Pemasaran yaitu proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi, serta distribusi barang dan jasa untuk memfasilitasi pertukaran yang memenuhi objektif individual dan organisasional.
 
Evolusi di bidang pemasaran ada 4 era, yaitu:
- produksi, pada era ini tujuan bisnis berpusat pada produksi karena saat itu sebagian besar barang dibeli segera setelah tersedia
 - penjualan, di era ini sebagian besar perusahaan menekankan penjualan dan periklanan dalam upaya membujuk konsumen untuk membeli produk yang sudah ada dan sangat sedikit perusahaan yang memberikan pelayanan setelah penjualan
 - konsep pemasaran, dalam kosep pemasaran ini terdapat filosofi bisnis yang terdiri atas tiga bagian, yaitu orientasi pelanggan, orientasi jasa, dan orientasi laba
- hubungan pelanggan, manajer mempelajari sebanyak mungkin tentang pelanggan dan melakukan segala hal yang dapat memuaskan pelanggan melalui barang dan jasa yang mereka tawarkan.
 
Bauran pemasaran adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan pemasaran dalam memenuhi target pasarnya.
 
Faktor-faktor bauran pemasaran ada 4, yaitu :
1.      Produk (product)
2.      Harga (price)
3.      Tempat (place)
4.      Promosi (promition)
Atau biasa disebut 4P untuk mudah mengingatnya sebagai dasar pemasaran.
 
*Nama merek adalah kata, huruf, atau kelompok kata atau huruf yang membedakan barang dan jasa satu penjual dengan penjual yang lain.
* Setelah ada keputusan apa yang akan produsen produksi maka produsen akan menentukan harga jual yang sesuai dengan biaya produksi yang telah mereka keluarkan dengan tetap memperhatikan kualitas dari barang ataupun jasa itu sendiri.
* Promosi merupakan hal yang tidak kalah penting dalam pemasaran. Sesuai dengan pengertiannya itu sendiri yang menyatakan bahwa promosi adalah teknik yang dilakukan penjual untuk memberi tahu orang-orang tentang produk mereka dan memotivasi mereka untuk membeli barang atau jasa mereka.
* Setiap langkah dalam proses pemasaran bergantung pada informasi yang digunakan untuk membuat keputusan yang tepat. Salah satu caranya yaitu melalui penelitian pasar.
 
Proses penelitian pasar ada 4 langkah, yaitu:
1.      Mendefinisikan pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini
2.      Mengumpulkan data
3.      Menganalisis data penelitian
4.      Memilih solusi terbaik dan mengimplementasikannya.
 
Dalam lingkungan pemasaran terdapat beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan pasar, yaitu:
Faktor global, faktor teknologi, faktor sosiokultural, faktor kompetitif, dan faktor ekonomi.
 
Dalam bisnis terdapat dua pasar utama, yaitu pasar konsumen dan pasar B2B.
1. Pasar Konsumen
Semua individu atau rumah tangga yang menginginkan barang dan jasa untuk konsumsi atau penggunaan pribadi.
2. Pasar Bisnis ke Bisnis
Semua individu dan organisasi yang menginginkan barang dan jasa untuk penggunaan dalam memproduksi barang dan jasa lain atau umtuk penjualan, penyewaan, atau pemasokan barang kepada orang lain.
 
Segmentasi pasar
     Segmentasi pasar merupakan proses total pembagian pasar menjadi beberapa kelompok, yang setiap anggotanya memiliki karakteristik yang sama. Dalam segmentasi pasar ini juga ada yang namanya pemasaran targe. Dalam segmentasi terdapat lima macam segmentasi, yaitu:
- Segmentasi Geografis
- Segmentasi Demografis
- Segmentasi Psikologis
- Segmentasi Manfaat, dan
- Segmentasi Volume

Tidak ada komentar:

Posting Komentar