Minggu, 02 Desember 2012

MATERI 8 : Memotivasi Karyawan dan Membangun Tim yang Mandiri

PENTINGNYA MOTIVASI
      Orang-orang bersedia bekerja dan bekerja keras, apabila mereka mereka merasa bahwa pekerjaan mereka menghasilkan perbedaan dan dihargai. Orang-orang termotivasi oleh berbagai hal, seperti pengakuan, prestasi, dan status. Penghargaan Intrinsik (intrinsic award) adalah keputusan pribadi yang Anda rasakan ketika Anda bekerja dengan baik dan mencapai tujuan.  Keyakinan bahwa pekerjaan Anda memberikan kontribusi yang signifikan bagi organisasi atau masyarakat merupakan bentuk penghargaan intrinsik. Penghargaan Ekstrinsik (extrinsic award) adalah sesuatu yang diberikan kepada Anda oleh orang lain sebagai pengakuan atas pekerjaan yang baik. Hal-hal, seperti kenaikan bayaran, pujian, dan promosi merupakan contoh penghargaan ekstrinsik. Tetapi terkadang seseorang baru merasakan dirinya memperoleh Penghargaan Intrinsik setelah Ia mendapatkan Penghargaan Ekstrinsik atau Penghargaan dari orang lain.

EVOLUSI KONSEP MANAJEMEN HUBUNGAN MANUSIA
1     .       Ilmiah
-          Taylor
Mempelajari para pekerja untuk menemukan cara-cara efisien untuk melakukan hal-hal dan kemudian megajari orang-orang teknik tersebut.
-          Gantt
-          Gilbreths
2     .       Perilaku
-          Mayo
·         Para pekerja di ruang pengujian menganggap diri mereka sebagai kelompok sosial
·         Para pekerja terlibat dalam perencanaan eksperimen
·         Tidak peduli seperti apa kondisi fisiknya, para pekerja menikmati suasana ruang spesial dan bayaran tambahan
-          Maslow
·         Kebutuhan fisiologis
·         Kebutuhan keselamatan
·         Kebutuhan sosial
·         Kebutuhan harga diri
·         Kebutuhan aktualisasi diri
-          Herzberg
·         Rasa pencapaian
·         Pengakuan yang didapat
·         Minat dalam pekerjaan itu sendiri
·         Peluang untuk pertumbuhan
·         Peluang untuk kemajuan
·         Pentingnya tanggung jawab
·         Hubungan kawan sebaya dan kelompok
·         Bayaran
·         Keadilan penyelia
·         Kebijaksanaan dan peraturan perusahaan
·         Status
·         Keamanan pekerjaan
·         Keramahan penyelian
·         Kondisi bekerja
-          McGregor
·         Teori X
Tidak menyukai pekerjaan, Menghindari tanggung jawab, Ambisi yang relatif kecil, Dipaksa/dikendalikan/diarahkan/diancam, Termotivasi oleh rasa takut dan uang
·         Teori Y
Suka bekerja; Berusahan untuk mencapai tujuan; Mencari tanggung jawab; Imajinasi, kreativitas, dan kecerdasan; Termotivasi oleh berbagai pekerjaan
-          Ouchi
·         Pekerjaan seumur hidup
·         Pengambilan keputusan konsensus
·         Tanggung jawab individu
·         Evaluasi dan promosi yang lambat
·         Mekanisme kendali terimplikasi
·         Jalan karir yang tidak terspesialisasi
·         Perhatian holistis untuk karyawan
-          Vroom 
TEORI PENENTUAN TUJUAN DAN MANAJEMEN MENURUT OBJEKTIF
     Teori penentuan tujuan yaitu pemikiran bahwa penentuan tujuan yang ambisius, tetapi dapat dicapai dapat memotivasi para pekerja dan meningkatkan kinerja apabila tujuan diterima, disertai dengan umpan balik, dan difasilitasi oleh kondisi organisasional.  Manajemen menurut objektif adalah sistem penentuan tujuan dan implementasi yang melibatkan siklus diskusi, tinjauan, dan evaluasi objektif di antara manajer tingkat puncak dan menengah, penyelia dan karyawan.
-          Teori harapan (memenuhi harapan karyawan)
 Teori Victor Vroom bahwa jumlah usaha yang digunakan para karyawan dalam tugas  
 tertentu nergantung pada harapan mereka akan hasil.
-          Teori penguatan (menguatkan kinerja karyawan)
 Teori bahwa penguat yang positif dan negatif memotivasi seseorang untuk berperilaku 
 dalam cara-cara tertentu.
-          Teori keadilan (memperlakukan karyawan dengan adil)
 Pemikiran bahwa karyawan berusaha untuk mempertahankan keadilan antara masuk dan 
 hasil bila dibandingkan dengan orang lain dalam posisi yang sama.
LANGKAH UNTUK MENINGKATKAN KINERJA KARYAWAN
    1.       Menentukan penghargaan
    2.       Menentukan standar kinerja
    3.       Memastikan standar kerja dapat dicapai
    4.       Menjamin penghargaan terkait dengan kerja
    5.       Yakin bahwa penghargaan dianggap memadai
KERJASAMA TIM MELALUI KOMUNIKASI TERBUKA
-          Menciptaka kultur organisasional yang menghargai sikap dan mendengarkan
-          Melatih para penyelia dan manajer untuk mendengarkan
-          Meniadakan penghalang untuk komunikasi terbuka
-          Secara aktif melakukan upaya untuk memfasilitasi komunikasi
MEMBANGUN KUALITAS DALAM TIM
·         Memulai
·         Fase awal
·         Membangun tim
·         Pemahaman pelatihan
·         Statistik
·         Proyek-proyek
·         Membina kualitas
·         Peran perubahan
DAYA GUNA TIM YANG TINGGI
-          Pemimpin yang partisipatif
-          Mau mendengarkan
-          Tujuan yang tersusun
-          Komunikatif
-          Fokus pada tugas
-          Penyelesaian masalah
-          Membagi tanggung jawab bersama
-          Inovatif
TIPS UNTUK MEMOTIVASI PEGAWAI
   1.  Rasa terima kasih pada pegawai yang telah bekerja dengan baik
   2.  Mendengarkan pegawai
   3.  Berikan timbal balik
   4.  Beri hadiah
   5.  Biarkan mereka tetap diberitahu
   6.  Mengijinkan pemakaian
   7.  Kesempatan berlatih
   8.  Mengingatkan hari penting
   9.  Memiliki dan mematuhi kebijakan
   10.Merayakan keberhasilan tujuan
TANDA-TANDA STRESS PEGAWAI
-          Penurunan produksi
-          Keterlambatan yang parah
-          Ketidakhadiran/kemangkiran
-          Kurang memperhatikan detail
-          Tidak bisa bekerjasama dengan yang lain
-          Sikap yang buruk tentang pekerjaan
-          Penarikan kembali asisten pekerjaan
-          Mudah putus asa/marah/sedih

1 komentar:

  1. sepertinya posting Anda tentang motivasi karyawan dan membangun tim yang mandiri agak mirip dengan blog sebelah ya? :D

    BalasHapus