Apa sih yang dimaksud dengan promosi ?
Promosi adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran
.
Banyak cara juga lhoo untuk melakukan Promosi, para pemasar menggunakan banyak alat yang berbeda untuk mempromosikan produk dan jasa mereka. Secara tradisional alat-alat itu adalah iklan, penjualan pribadi, hubungan masyarakat, dan promosi penjualan. Kombinasi dari alat-alat promosi yang digunakan satu organisasi disebut bauran promosi.
Lalu apa yang dimaksud dengan Komunikasi Pemasaran Terpadu ?
Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah satu teknik yang mengkombinasikan semua alat promosi menjadi satu strategi promosi yang menyeluruh dan terpadu.
Dalam sebuah kampanye promosi, ada langkah-langkahnya juga, apa saja yaa ? yuuk simak teruus :)
Berikut adalah langkah-langkah dalam sebuah Kampanye Promosi :
1. Mengidentifikasi pasar sasaran
2. Menentukan tujuan
3. Menentukan suatu anggaran promosi
4. Mengembangkan satu pesan terpadu
5. Mengimplementasikan rencana
6. Evaluasi efektivitas
Tujuan dari Pemasaran terpadu :
- Membangun kualitas merk
- Memberikan informasi
- Kelola permintaan dan membangun penjualan
- Membedakan produk
- Pengaruh persepsi, Sikap, dan Perilaku pembeli
- Prospek dan Kualifikasi
- Pra-Pendekatan
- Pendekatan
- Melakukan Presentasi
- Menjawab Keberatan
- Menutup Penjualan
- Tindak Lanjut
- Pendekatan
- Mengajukan Pertanyaan
- Melakukan Presentasi
- Menutup Penjualan
- Tindak Lanjut
Hubungan Masyarakat didefinisikan sebagai fungsi manajemen yang mengevaluasi sikap masyarakat, mengubah kebijakan-kebijakan dan prosedur-prosedur untuk merespons permintaan masyarakat, dan melaksanakan sebuah program yang terdiri atas tindakan dan informasi untuk mendapatkan pengertian dan penerimaan masyarakat.
Sebuah Hubungan masyarakat yang baik terdiri atas tiga langkah :
1. Mendengarkan masyarakat
2. Mengubah kebijakan-kebijakandan prosedur-prosedur
3. Menginformasikan masyarakat bahwa Anda merespons kebutuhan mereka
Publisitas : Ujung Tombak Hubungan Masyarakat
Publisitas adalah informasi apa pun mengenai seorang individu, produk, atau organisasi yang didistribusikan kepada masyarakat melalui media dan tidak dibayar atau dikendalikan oleh pihak penjual.
Promosi Penjualan
Promosi Penjualan adalah alat promosi yang menstimulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek.
Teknik Promosi Penjualan
B2B :
1. Pameran Dagang
2. Portofolio
3. Penawaran
4. Katalog
5. Konvensi
B2C :
1. Kupon
2. Promosi potongan harga
3. Sampel
4. Hadiah
5. Undian
6. Kontes
7. Bonus
8. Katalog
9. Demonstrasi
10. Even Khusus
11. Lotere
12. In-store Displays
Selesai sudah ulasan pada materi ini, sampai jumpa di materi terakhir :)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar